Sunday, September 2, 2012

Apakah perbedaan ikan hias air laut dan tawar

Ikan hias yang terdapat di pasaran dan cukup populer sebagai peliharaan terdapat 2 jenis, yaitu ikan hias air laut dan ikan hias air tawar. Karena masing-masing jenis memiliki habitat yang berbeda, maka sudah pasti segala perlakuan dan jenis perawatan yang dibutuhkan akan berbeda. Apakah perbedaan ikan hias air laut dan air tawar? Beberapa poin dibawah dapat membantu anda mengambil keputusan dan memilih yang terbaik diantara ikan hias air tawar dan air laut sesuai dengan kemampuan anda.
  • Ikan hias air laut: habitat yang dibutuhkan antara lain harus sesuai dengan tempat aslinya yaitu air laut yang asin, memiliki kadar garam yang cukup dan membutuhkan perawatan yang khusus. Organisme yang dapat hidup selain ikan yang berwarna-warni juga dapat diberi terumbu karang dan anemon laut yang berwarna-warni, sehingga cukup menambah keindahan, serta tampak sangat alami dan segar. Namun untuk benar-benar dapat menikmati dan memeliharanya, pengetahuan dasar mengenai perawatannya harus benar-benar dikuasai, sebab dibanding ikan hias air tawar, ikan hias air laut lebih sensitif terhadap kualitas air, selain itu dibutuhkan peralatan khusus untuk dapat menjaga kadar garam di dalam air agar tetap sesuai, sehingga perawatan ikan hias air laut harus lebih intensif.

    Akuarium air laut
  • Ikan hias air tawar: dibandingkan dengan ikan hias air laut, ikan hias air tawar lebih mudah dan lebih murah. habitat yang dibutuhkan hanyalah air yang bersih, seperti yang kita gunakan sehari-hari dapat dari PDAM, maupun air tanah/sumur. hanya organisme yang dapat hidup cukup terbatas, yaitu hanya ikan air tawar dan beberapa tumbuhan air yang hijau, yang kadang kurang menarik. Tetapi dalam hal perawatan dan pemeliharaanya, ikan hias air tawar jauh lebih mudah dibanding ikan hias air laut, karena selain harganya lebih murah dan mudah didapat, tidak dibutuhkan alat khusus untuk menjaga kadar air, mungkin hanya filter dan oksigen yang lebih terjangkau, selain itu penggantian air yang perlu dilakukan paling kurang seminggu sekali, selain itu perawatan yang diperlukan juga lebih mudah.

    Akuarium Air tawar
Itulah perbedaan ikan hias air laut dan tawar, sekarang andalah yang memutuskan ikan jenis apa yang akan dipilih sebagai peliharaan dan hiasan di dalam rumah.

4 comments:

  1. makasih atas infonya, jangan lupa kunjungi balik web kami http://bit.ly/2okUUAT

    ReplyDelete
  2. makasih kak, atas jawabanya, saya jadi salting

    ReplyDelete
  3. Suwun kak, atas jawabnya

    ReplyDelete
  4. makasih kak, atas jawabanya

    ReplyDelete